5 Keajaiban sentuhan ibu pada bayi baru lahir



Sejak dulu lagi, bayi yang baru lahir akan terus dibawa untuk dibersihkan, ditimbang, dan diukur panjang badannya. Setelah itu, baru bayi akan diberikan pada ibunya untuk disusui. Bayi yang lahir pramatang, bayi akan dirawat dahulu secara intensif dalam inkubator. Bila keadaan stabil baru dibawa jumpa ibu mereka. 

Padahal, sentuhan antara kulit ibu dan bayi sangat penting terutama setelah bayi lahir. Masa ini, sudah menjadi kebiasaan di hoospital agar anak bersentuhan kulit dengan ibunya terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Sentuhan kulit ibu dan anak memberikan banyak manfaat bagi kesihatan bayi.

Antara manfaatnya:

1. Membuat nafas bayi stabil
Saat lahir, bayi dikeluarkan dari 'kantung pelindung' mereka yang ada dalam rahim. Hal ini boleh jadi tak disukai oleh bayi dan mereka akan merasa tak aman. Namun ketika bayi mendapatkan sentuhan dan pelukan ibu, bayi akan merasa aman dan ini membuat nafas mereka lebih stabil. Biasanya ini juga membuat degupan jantung mereka menjadi teratur.

2. Mencegah bayi stress 
Ketika bayi didekatkan dengan ibunya dan diletakkan di dada, bayi menjadi tak mudah menangis. Dengan begitu, mereka juga tak mudah stress ketika berkenalan dengan lingkungan baru. Dunia adalah lingkungan baru bagi bayi dan dalam pelukan ibu mereka, mereka merasa lebih tenang. Kebiasaan tak mudah stres ini juga mempengaruhi bayi selama hari-hari berikutnya.

3. Membuat gula darah dan suhu tubuh stabil
Tak hanya ibu yang mengalami perubahan dalam tubuh mereka saat melahirkan, bayi juga mengalami hal serupa. Terutama mereka juga mengalami banyak tekanan untuk supaya boleh 'keluar' dan lahir ke dunia yang baru. Bersentuhan dan berada dalam pelukan ibu saat lahir akan membantu bayi membuat gula darah mereka lebih stabil dan membuat suhu tubuh mereka menjadi normal.

4. Menjalin ikatan ibu dan bayi
Sentuhan kulit antara ibu dan bayi saat lahir akan membentuk ikatan yang kuat karana anak akan langsung mengenali ibunya. Selain itu, hal ini tidak hanya memberi manfaat kepada bayi tetapi juga untuk ibunya. Ibu yang langsung menyentuh anak mereka saat lahir memiliki rasa cemas yang lebih rendah. Memeluk anak mereka juga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan ibu setelah melahirkan.

5. Membangun deria rasa anak
Ketika anak langsung disentuh dan dipeluk oleh ibu, mereka akan langsung mebuka deria rasa untuk menyusu. Hal ini sangat baik, terutama jika ibu bercadang untuk memberikan susu ibu secara eksklusif pada anak. Bahkan jika ibu tak ingin memberikan susu ibu, memeluk anak akan memberikan mereka rasa nyaman dan perasaan dicintai.

Jangan menyangka bahawa bayi tak dapat merasakan apa yang terjadi di sekitarnya. Mental bayi sudah berkembang sejak hari pertama dilahirkan, begitu juga dengan kemampuan emosionalnya. Sentuhan adalah salah satu cara terbaik untuk membangun ikatan antara ibu dan bayi, selain manfaat hebat yang sudah disebutkan di atas.

Ingin mencari supplement Shaklee... Jom hubungi saya...

*****************************************************************

♥ FB Personal: Liana
♥ Website: manjakusayang
♥ FB Page: Manjakusayang
♥ Email : manjakusayang@ymail.com
♥ Call/SMS/WhatsApp : 013-2092001

♥ COD Area: Petaling Jaya, Taman Tun Dr Ismail (KL), PKNS dan MBPJ, KLCC, Jalan TAR, Jalan Raja Chulan, Menara AIA

*****************************************************************


 

ManjakuSayang Collections Copyright © 2013 Edited by Manjakusayang